Selasa, 04 November 2014

TUGAS BAB 1 METODE PENELITIAN

Nama : Andy Permana
NPM:30411836
Kelas: 3ID03
Mata kuliah: Metode penelitian
Jenis Tulisan: Proposal




BAB I
PENDAHULUAN

1.1            Latar Belakang
Perkembangan saat ini pada era globalisasi menimbulkan persaingan antar perusahaan semakin meningkat. Produktivitas tinggi menjadi salah satu target dari perusahaan industri dan manufaktur untuk memenuhi kebutuhan pasar akan produk atau jasa yang dihasilkan, Oleh karena itu perusahaan yang menjalankan kegiatan produksi tentu diperlukan suatu teknik keselamatan dan kesehatan kerja yang baik agar proses produksi dapat berlangsung dengan lancar produktivitas harus menjadi pemikiran utama  dari setiap manajemen perusahaan termasuk tenaga kerja perusahaan industri dan manufaktur tersebut sehingga menimbulkan kebiasaan untuk selalu bertindak efisien dan efektif dalam melakukan suatu aktivitas yang sedang dilakukan. Peningkatan daya saing produk dalam bidang industri dan manufaktur membutuhkan inovasi teknologi, efisiensi, dan produktivitas yang optimal. Peningkatan daya saing tersebut juga menuntut intensitas pekerja operasional dan waktu kerja yang optimal.
Hambatan operasional pada bidang industri dan manufaktur dapat berhubungan dengan lingkungan, manusia, mesin dan disebabkan karena lingkungan yang kurang baik, cara-cara kerja yang kurang baik akibat dari kurangnya keterampilan kerja, latihan kerja tidak adanya informasi mengenai bahan-bahan yang berbahaya dan mesin-mesin yang beresiko tinggi akan menimbulkan kerugian tidak hanya produksi tetapi juga peningkatan biaya. Kerugian produksi dan materil akibat terjadi kecelakaan kerja dapat diminimalisasikan dengan melalui pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).
          Pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja dapat digunakan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, penyakit akitbat kerja, kebakaran, peledakan dan pencemaran lingkungan. Mengunakan salah satu cara dengan mengidentifikasi bahaya kerja disetiap stasiun kerja. Merupakan bentuk usaha untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman, sehat, dan bebas dari pencemaran lingkungan sehingga dapat meminimalkan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja serta dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.  Performance merupakan hubungan dari tiga komponen yaitu kapasitas kerja, beban kerja, dan lingkungan. Apabila ketiga komponen tersebut memiliki keserasian, keselarasan, dan keseimbangan maka akan tercapai peningkatan produktivitas yang optimal.
          kesehatan kerja  dengan menggunakan metode  identifikasi bahaya kerja diterapkan pada area proses pengelesan listrik di CV. ELECTRICITY Penerapan kesehatan kerja pada perusahaan tersebut perlu dipelajari. Hal itu berfungsi agar perusahaan dapat mengetahui penerapan kesehatan kerja yang optimal, berupa pencegahan risiko kecelakaan kerja dengan penyediaan alat pelindung diri dan alat penunjang k3.

1.2         Perumusan Masalah
          Atas dasar pentingnya teknik kesehatan kerja terhadap jalanya  proses pengelasan listrik, maka penulis merumuskan masalah proposal ini tentang proses kesehatan kerja dengan mengidentifikasi bahaya kerja dan pengendaliannya pada proses pengelasan listrik yaitu:
1.   Bahaya apa saja yang terdapat di proses pengelasan listrik  dan pengendalian yang sudah dilakukan ?
2.   Bagaimanakah cara penilaian resiko di proses pengelasan listrik?
3.   Bagaimanakah metode pengendalian resiko yang tepat dan sesuai untuk menurunkan atau menghilangkan  resiko bahaya di tempat kerja supaya dapat meningkatkan  kesehatan kerja di proses pengelasan listrik?

1.3       Pembatasan Masalah
 Pengambilan data hanya dilakukan di CV. ELECTRICITY  yang berlokasi di Jl. Semper timur, Cilincing - Jakarta Utara  Pengambilan data pada proses pengelasan listrik,  ini dilakukan dengan cara mengamati dan menganalisa standar kesehatan dan keselamatan kerja, pada lingkungan, mesin, dan bahan baku pengamatan dan pengumpulan data di lakukan mulai tanggal 4 november 2014 sampai dengan 5 desember 2014 setiap pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB. Pengamatan dan pengumpulan data dilakukan dilingkungan pabrik CV. ELECTRICITY dalam kegiatan  proses pengelasan listrik.

1.4       TUJUAN PENELITIAN
   Tujuan dari pelaksanaan dibuatnya proposal ini adalah sebagai berikut :
1.   Mencari tahu bahaya kerja diproses pengelasan listrik  pada CV. ELECTRICITY
2.   Mengendalikan bahaya-bahaya apa saja yang terdapat di proses pengelasan listrik pada CV. ELECTRICITY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar